2captcha

2captcha

Custom gadget

Tugas Akhir Mario (Phantom)

Cara Membuat simulator EKG (phantom ECG)


Sebelum langsung ke intinya tentang pembuatan phantom ini saya akan menjelaskan apa sih fungsi dari phanton ECG ini, karena kebanyakan orang pasti belum tahu....oke langsung saja, fungsinya adalah untuk mensimulasikan sinyal ECG. Perangkat ini berguna untuk pengetesan perangkat ECG pada saat perbaikan, untuk keperluan penelitian tentang sinyal ECG atau untuk keperluan pendidikan dsb... :v


untuk pembuatan hardwarenya cukup mudah hanya sedikit komponen yang digunakan kecuali untuk DAC (digital analog converter) yang berfungsi untuk mengubah data digital menjadi analog...bla bla bla :v karena komponen ini susah untuk didapat di indonesia, saya sendiri kemaren pesannya dari cina... dan datang nya dua bulan kemudian...hahahaha lama bingit... kok jadi curhat...oke lanjut... bahan untuk hardware : 
  1. Minimum sistem untuk arduino (karena ini basisnya arduino), sebagai saran, gunakan IC ATMega 328P karena Project ini membutuhkan banyak memory flash..
  2. IC DAC MCP4921 12bit, kenapa kok pakai 12 bit, nah karena data sinyal ecg yang didata atau diambil data aray lebih dari 8bit..
  3. Potensiometer, untuk mengatut BPM
  4. resistor 10k (2x), 10ohm 
Mudahkan untuk pembuatan harware nya, nah sekarang untuk perancangan sofwarenya. untuk pembuatannya membutuhkan 3 aplikasi ini :
  1.  Arduino, download disini
  2.  Engauge, aplikasi ini berfungsi untuk mengubah gambar sinyal ECG menjadi data digital. disini
  3. Python, mungkin ada yg sudah mengenal aplikasi ini, disini saya menggunakan ini untuk mengolah data digital tadi menjadi bahasa C yg kompatibel dengan arduino..

Untuk blog diagram secara garis besar nya bisa diliat di bawah ini :

0 Response to " Tugas Akhir Mario (Phantom) "

Post a Comment